Oleh: Shelly Diposting: 18 Mei 2023

Siapa yang bisa menolak kari ayam India yang creamy dan pedas? Buat di rumah dengan resep mudah Ayam Mentega Pot Instan ini! Ini adalah makanan satu panci yang kaya, aromatik, dan nyaman yang cocok untuk keluarga dan siap dalam satu jam atau kurang.

Resep Ayam Mentega India Mudah

Malam kari baru saja menjadi sesuatu di rumah kami. Saya berutang sepenuhnya pada ayam mentega Pot Instan yang mudah ini. Saya telah menggunakan Panci Instan saya untuk membuat beberapa resep ayam favorit saya, dari Paha Ayam Panci Instan hingga Ayam Salsa Verde. Kari ini adalah wahyu!

Ada begitu banyak resep kari ayam di luar sana, tetapi tampaknya selalu membutuhkan satu miliar bumbu dan bahan khusus yang berbeda, dan berjam-jam di atas kompor. Gadis Anda kewalahan.

Dan resep ayam mentega pressure cooker ini ternyata LUAR BIASA. Ayam mentega yang terinspirasi dari India ini gurih dan memuaskan, dimasak dengan saus tomat kaya mentega dengan bumbu hangat dan sentuhan krim. Ini sangat sederhana dan rasanya luar biasa. Plus, semuanya menyatu tepat di Pot Instan. Ini adalah hidangan India “entry-level” yang sempurna, menurut saya. Ini sangat populer karena suatu alasan, dan seluruh keluarga saya sangat menikmatinya!

Apa Rasa Butter Chicken?

Ayam mentega India, alias murgh makhani, adalah hidangan kari dari New Delhi. Saus ayam mentega adalah saus kaya dan gurih yang dibuat dengan tomat, mentega, krim, dan kombinasi rempah-rempah. Ini hangat dan beraroma, sedikit seperti versi tikka masala yang lebih lembut dengan sedikit rasa manis.

Bahan yang Anda Butuhkan

Di bawah ini adalah ikhtisar singkat tentang bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat ayam mentega Panci Instan ini. Ingatlah untuk menggulir ke kartu resep untuk detail lengkapnya:

  • Ayam: Dada atau paha ayam tanpa tulang dan kulit adalah yang terbaik. Potong dadu menjadi potongan-potongan kecil sebelum Anda mulai.
  • Minyak : Untuk menumis. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan ghee, sejenis mentega murni yang digunakan dalam masakan India.
  • Bawang: Saya menggunakan bawang merah, tetapi Anda bisa menggunakan jenis bawang bombay apa pun yang Anda suka.
  • Bawang Putih dan Jahe: Bawang putih cincang dan jahe parut meningkatkan rasa saus ayam mentega. Jika Anda tidak memiliki jahe segar, gunakan sejumput atau dua jahe bubuk sebagai gantinya.
  • Rempah-rempah: Tidak ada yang terlalu gila. Anda membutuhkan garam masala, jintan, ketumbar, paprika, kunyit, cabai rawit, garam, dan merica. Garam masala adalah campuran rempah-rempah India yang akan Anda temukan di lorong makanan internasional di banyak toko kelontong.
  • Tomat: Kalengan sempurna. Gunakan tomat yang dipotong dadu atau dihancurkan, dan jangan lupa untuk mengeringkannya.
  • Mentega: Asin atau tawar, potong dadu agar meleleh dengan lembut ke dalam saus.
  • Heavy Cream: Atau santan full-fat, untuk memperkaya saus di bagian akhir dan membuatnya sangat creamy. Anda juga bisa menggunakan santan dan meninggalkan mentega untuk membuat resep ini bebas susu.
  • Ketumbar: Ketumbar yang baru dipotong menjadi hiasan yang bagus sebelum disajikan, tapi itu opsional.

Bisakah Saya Menggunakan Ayam Beku?

Ya! Tidak seperti slow cooker, sangat aman untuk memasak ayam beku di Panci Instan Anda. Panci Instan hanya akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencapai tekanan, itu saja.

Cara Membuat Ayam Mentega Pot Instan

Apakah Anda tidak menyukai resep satu panci yang enak? Pada dasarnya ada jumlah pembersihan yang sama seperti jika Anda membawa pulang. Inilah cara membuat ayam mentega termudah di Panci Instan Anda:

  • Tumis: Mulailah dengan mengatur Panci Instan ke Tumis, panaskan sedikit minyak (atau ghee), lalu masak bawang hingga lunak. Selanjutnya, Anda akan mengaduk bawang putih dan jahe dan masak sekitar satu menit lagi hingga harum. Terakhir, taburkan garam masala bersama ketumbar dan jintan, aduk agar bumbu sedikit terpanggang.
  • Kombinasikan: Buang tomat, dan ikuti dengan kunyit, cabai rawit, dan sedikit garam dan merica. Setelah beberapa menit, masukkan potongan ayam dan aduk rata. Jika Anda merasa tidak ada cukup saus untuk menutupi ayam sepenuhnya, lanjutkan dan tambahkan sedikit air ke dalam panci.
  • Masak: Sekarang, matikan IP dari mode Sauté, tutup penutupnya, dan segel. Setel panci ke Pressure Cook selama 6 menit. Setelah waktu memasak habis, lepaskan tekanan secara alami selama 10 menit sebelum melepaskan tekanan yang tersisa secara manual.
  • Selesai dan Sajikan: Buka tutupnya dan aduk satu sendok teh garam masala lagi, bersama dengan mentega potong dadu Anda, dan terakhir, krim kental. Ganti panci ke Tumis lagi dan biarkan ayam mentega mendidih hingga saus mengental, sekitar 5 menit. Sajikan kari buatan Anda dengan nasi dan naan klasik, ditaburi daun ketumbar segar. Lihat di bawah untuk ide penyajian lainnya.

Kiat untuk Sukses

Resep ayam mentega ini membuat kari buatan sendiri menjadi mudah. Jika Anda baru memasak dengan tekanan, berikut adalah beberapa tip tambahan untuk ayam mentega IP terbaik:

  • Sesuaikan tingkat panas. Tambahkan lebih banyak atau lebih sedikit cabai rawit sesuai selera tergantung pada seberapa pedas Anda menyukai kari Anda, atau jika Anda membuat resep ini untuk anak-anak. Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis garam masala. Campuran yang berbeda berkisar dari ringan hingga pedas, jadi pilihlah yang sesuai dengan selera Anda.
  • Saat menggunakan tomat yang dihancurkan, saya sarankan untuk menghaluskannya sebelum menambahkannya ke dalam panci atau menggunakan blender pencelupan. Jika tomat kalengan Anda berada di sisi asam, aduk satu sendok teh gula sebelum dimasak dengan tekanan.
  • Menghemat waktu. Jika Anda benar-benar menginginkannya, Anda pasti bisa menjadikan ayam mentega ini sebagai resep “dump-and-go” (menambahkan semua bahan ke dalam panci sekaligus, selain mentega dan krim). Saya suka menumis aromanya terlebih dahulu untuk mengeluarkan rasa ekstra, tetapi tidak 100% perlu.
  • Tambahkan mentega dan krim di bagian paling akhir. Menambahkan krim sebelum memasak dengan tekanan dapat menyebabkannya terpisah.
  • Hiasi dengan bumbu segar. Cilantro, mint segar, atau peterseli adalah pilihan yang bagus.

Saran Penyajian

Ingin tahu apa yang harus disajikan dengan ayam mentega? Kari India secara tradisional disajikan dengan nasi basmati dan roti naan (roti pipih) untuk menyedot saus ekstra. Jika Anda tidak memiliki naan, hampir semua roti bisa digunakan. Campurkan dan sajikan ayam mentega Pot Instan dengan Roti Jagung atau Biskuit Wajan buatan sendiri, dan siapkan nasi putih lembut atau Nasi Mentega Pot Instan dan sayuran kukus sebagai pendamping.

Menyimpan dan Menghangatkan Sisa Makanan

Saya suka memiliki ayam mentega sisa di rumah karena rasanya SANGAT ENAK selama berhari-hari setelah dibuat. Simpan sisa ayam mentega kedap udara di lemari es hingga 4-5 hari. Ayam cakep ini dipanaskan dengan baik di microwave atau di atas kompor. Saya suka menambahkan sedikit air untuk membantu mengendurkan saus lagi.

Bisakah Saya Membekukan Ayam Mentega?

Ya, kari ayam buatan sendiri ini juga tahan beku hingga 3 bulan. Simpan dalam wadah atau tas freezer yang aman untuk freezer, dan cairkan ayam mentega di lemari es sebelum dipanaskan kembali.

Cetak jam ikon jam ikon sendok garpu ikon bendera bendera ikon folder folder ikon instagram ikon instagram pinterest ikon pinterest facebook ikon facebook ikon cetak ikon kotak kotak ikon jantung hati ikon jantung padat ikon padat

Keterangan

Ayam Mentega Pot Instan adalah resep kari ayam satu panci yang gurih dan memuaskan, dimasak dengan saus tomat kaya mentega dengan bumbu hangat dan sentuhan krim.

  • 1 1/2 – 2 pon Paha atau Dada Ayam Tanpa Tulang, Tanpa Kulit, potong-potong seukuran gigitan
  • 2 sendok makan Minyak atau Ghee
  • 1/2 Cangkir Bawang Merah, potong dadu
  • 1 sendok makan Jahe segar parut
  • 5 siung Bawang putih, cincang
  • 2 sendok teh Garam Masala, dibagi
  • 1/2 sendok teh Jintan
  • 1/2 sendok teh Ketumbar
  • 1 kaleng (14 ons) Tomat potong dadu atau tumbuk, tidak dikeringkan
  • 1 sendok teh Paprika
  • 1 sendok teh Kunyit
  • 1/4 sendok teh Cabai rawit
  • 1 sendok teh Garam
  • 1/4 sendok teh Lada Hitam
  • 1/2 Cangkir Mentega, potong-potong
  • 1/2 Cangkir Krim Berat
  • Cilantro segar, untuk hiasan
  1. Nyalakan Panci Instan dan tekan tombol “Tumis”. Setelah panas, tambahkan minyak atau ghee dan biarkan meleleh. Tambahkan bawang potong dadu dan masak sampai lunak dan bening, sekitar 5-7 menit.
  2. Tambahkan bawang putih dan jahe ke bawang bombay dan masak selama 1 menit lagi sambil terus diaduk, berhati-hatilah agar bawang putih tidak gosong.
  3. Tambahkan 1 sendok teh garam masala, ketumbar dan jintan, masak selama sekitar 30 detik sambil terus diaduk.
  4. Tambahkan tomat, paprika, kunyit, cabai rawit, garam, dan lada hitam. Masak sekitar 5 menit. Jika Anda telah menggunakan tomat yang dihancurkan, haluskan campuran tersebut dengan blender pencelupan.
  5. Tambahkan potongan ayam ke dalam saus tomat yang sudah dihaluskan. Pastikan untuk benar-benar menutupi ayam dengan cairan. Jika tidak cukup cairan, tambahkan 1?4 cangkir air.
  6. Batalkan mode “Tumis” dan tutup tutup Panci Instan. Setel katup ke “Sealing” dan tekan tombol “Pressure Cook”. Atur timer selama 6 menit.
  7. Setelah pengatur waktu mati, biarkan Panci Instan melepaskan tekanan secara alami selama 10 menit, lalu gunakan pelepasan cepat untuk melepaskan tekanan yang tersisa.
  8. Buka tutup Panci Instan dan aduk sisa 1 sendok teh garam masala, mentega, dan krim kental. Nyalakan kembali mode “Tumis” dan biarkan saus mendidih selama 5 menit hingga agak mengental. Aduk sesekali.
  9. Hiasi dengan ketumbar cincang dan sajikan panas dengan nasi atau roti naan.

Kata kunci: ayam mentega pot instan, resep ayam mentega, ayam mentega india

Ingin Menyimpan Resep Ini?

Temukan lebih banyak resep seperti ini:

Lebih Banyak Resep Ayam Panci Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *